IMPLEMENTASI METODE FAMILY CENTERED CARE TERHADAP PASIEN ANAK PRASEKOLAH DENGAN KECEMASAN HOSPITALISASI

Authors

  • Sukmawati Syarif Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Sanghati Program Studi D-III Keperawatan STIK Makassar, Indonesia
  • Basmalah Harun Program Studi D-III Keperawatan STIK Makassar, Indonesia
  • Ekayanti Hafidah Ahmad Program Studi D-III Keperawatan STIK Makassar, Indonesia

Keywords:

Anak Prasekolah, Kecemasan, Family Centered Care

Abstract

Latar Belakang: Family centered care sebagai filosofi dalam memberikan pelayanan keperawatan di Rumah Sakit merupakan pendekatan terjadi hubungan timbal balik antara penyedia pelayanan, pasien dan keluarga.

Tujuan: Untuk mengimplementasikan metode family centered care pada pasien anak prasekolah dengan kecemasan hospitalisasi.

Metode: Penelitian menggunakan rancangan deskriptif studi kasus, melibatkan dua pasien anak yang dirawat di Ruang Dahlia Rumah Sakit TK II Pelamonia Makassar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala HARS untuk menilai kecemasan, dan menggunakan kuesioner family centered care untuk menilai efek hospitalisasi pada anak. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif.

Hasil: Setelah dilakukan implementasi pada subyek I dihari pertama terjadi penurunan skor dari 20 menjadi 18 (cemas ringan), hari kedua  namun dari 18 menjadi 15 (cemas ringan), dan pada hari ketiga dari 15 menjadi 13 (tidak cemas). Pada subyek II dihari pertama terjadi penurunan skor dari 21 menjadi 18 (cemas ringan), namun dihari kedua skor kecemasan menurun signifikan dari 18 menjadi 12 (tidak cemas), sementara hari ketiga skor kecemasan dari pre dan post sama yaitu 12 (tidak cemas).

Kesimpulan: Implementasi metode family centered care terbukti dapat menurunkan/menghilangkan kecemasan pada pasien anak prasekolah yang menjalani hospitalisasi.

References

Akmalia, F., Anjarwati, N., & Lestari, Y. C. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Family Centered Care Terhadap Stress Hospitalisasi Pada Anak. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(1), 85–91. https://doi.org/10.36984/jkm.v4i1.163

Aryani, D., Zaly, N. W., Tinggi, S., & Kesehatan, I. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar terhadap Kecemasan Hospitaslisasi pada Anak Prasekolah. 10(1), 101–108. https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.289

Bintang, S. A., Parulian, I., Lubis, E., & Setiyadi, A. (2022). Tingkat Pengetahuan Terhadap Perilaku Perawat Tentang Kecemasan Akibat Hoapitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Rumah Sakit Omni Pulomas. Journal of Nursing and Midwifery Sciences, 1(1), 18–25. https://journal.binawan.ac.id/JN

Ferasinta, Dompas, R., Nurnainah, Rahim, R., Nelista, Y., Fembi, P. N., Ningsih, O. S., Purnawati, D., Nurhayati, S., & Nababan, S. (2021). Konsep Dasar Keperawatan Anak (N. Maulidya (ed.); 1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Fradika, Y. D. (2020). Gambaran Intervensi Family Centered Care pada Pasien Balita di RS Perkebunan Wilayah Karesidenan Besuki Raya. Skripsi.

Khairani, A. I., & Olivia, N. (2018). Pengaruh Hospitalisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Preschool Di Rumah Sakit Tk II Putri Hijau Kesdam I/Bb Medan. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, 3(2), 82. https://doi.org/10.34008/jurhesti.v3i2.49

Lestari, Y., Subardiah, I., & Haryanti, R. P. (2022). Keperawatan Anak 1.

Ningsih, S. W., Marsaulina, I., & Thomson, P. (2023). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua pada Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah di Ruang Rawat Inap RSUD Kab. Aceh Singkil Tahun 2021 Factors Related to Parents’ Levels of Anxiety in Childhospitalizationpre School Age in the In. 9(1), 404–415.

Noerma Shovie Rizqiea, D. marlianti. (2023). Hubungan Kecemasan Orang Tua Dengan Kecemasan Anak Dalam Pemasangan Infus Pada Anak Prasekolah di RSUD Dr Moewardi.

Permatasari, C., & Sari, I. Y. (2022). Terapi Relaksasi Benson Untuk Menurunkan Rasa Nyeri Pada Pasien Fraktur Femur Sinistra: Studi Kasus. JKM : Jurnal Keperawatan Merdeka, 2(2), 216–220. https://doi.org/10.36086/jkm.v2i2.1420

Prasetia, Y., Utami, T., & Ma’rifah, A. R. (2022). Hubungan Family Centered Care Dengan Stress Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Rsud Ajibarang Banyumas. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1347–1356.

Purbasari & Siska. (2019). Interaksi Ibu-Anak Dan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Selama Hospitalisasi Di Rs. Sumber Kasih Cirebon. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Puspita, martsella dwi indah. (2013). Hubungan tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Perilaku Perawat Dalam Meminimalkan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah di RSUD Dr. Moewardi.

Ranti, G. (2022). Kecemasan Mahasiswa Terhadap Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia). Jurnal IPTEK, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.31543/jii.v6i1.179

Rosita, & Dahung, F. A. (2018). Pengaruh Metode Bimbingan Imajinasi Rekaman Audio Visual Terhadap Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Di RS Bhayangkara Makassar. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Rukmana, I., Rukmasari, E. A., & Maulana, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meminimalkan Dampak Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah: Studi Literatur. Malahayati Nursing Journal, 4(5), 1250–1264. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i5.6199

Sapeni, M. A.-A. R. S., & Juwita, H. J. (2022). Pengalaman Orangtua Dan Hasil Family Centered Care (Fcc) Pada Anak Yang Dirawat Di Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal Mitra Kesehatan, 5(1), 33–40. https://doi.org/10.47522/jmk.v5i1.163

Sibualamu, K. Z., Mustafa, S. R., & Wahyuni, E. (2021). Metode Bimbingan Imajinasi Rekaman Audiovisual Terhadap Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah. An Idea Health Journal, 1(03), 163–167.

Silalahi, D. A., Deli, H., & Jumaini. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Perawat tentang Family Centered Care. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 48–61. https://jurnal.usk.ac.id/JIK/article/view/21284/14386

Sunarti, S. (2020). Hubungan Family Centered Care Dengan Dampak Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah Di Ruang Baji Minasa Rsud Labuang Baji Makassar. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 4(2), 124. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v4i2.1974

Tanaem, G. H., Dary, M., & Istiarti, E. (2019). Family Centered Care Pada Perawatan Anak Di Rsud Soe Timor Tengah Selatan. Jurnal Riset Kesehatan, 8(1), 21. https://doi.org/10.31983/jrk.v8i1.3918

Wariantini Hadi, Y. M., Munir, Z., & Siam, W. N. (2019). Efektifitas Penerapan Metode Family-Centered Care terhadap Pasien Anak dengan Stress Hospitalisasi. Citra Delima : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 3(2), 112–116. https://doi.org/10.33862/citradelima.v3i2.69

Wildani, A. A. (2022). Penggunaan Robot Keperawatan untuk Menurunkan Emosi Negatif pada Anak yang Menjalani Hospitalisasi. 02, 1–8. https://journal.binawan.ac.id/JN

Winda Hidayati, I., Prima Hanis, D. K., Luh Ade Kusuma Ernawati Program Studi Ilmu Keperawatan, N., Kesehatan Universitas Triatma Mulya Jl Jenderal Sudirman No, F., Jembrana, K., & Jembrana, K. (2023). Hubungan Family Centered Care terhadap Tingkat Kecemasan pada Anak Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi di Ruang Cempaka RSU Negara (The Correlation between Family Centered Care and Anxiety Levels in Preschool Children with Hospitalization Experience). Hubungan Family Centered Care Terhadap Tingkat Kecemasan ... e-Journal Pustaka Kesehatan, 11(1), 22.

Yesi oktaviyani, Andry sartika, Muhammad bagus andrianto, Julia andri, P. (2022). Bermain Edukatif Ular Tangga Mampu Mengatasi Kecemasan Pada Anak Hospitalisasi. 4, 1–7

Downloads

Published

2023-12-28

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>