IMPLEMENTASI DISTRAKSI AUDIOVISUAL (MENONTON FILM KARTUN) DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK SAAT PROSEDUR INJEKSI
Keywords:
Distraksi audiovisual, Kecemasan, Prosedur injkesiAbstract
Latar Belakang: Rasa cemas pada anak akibat prosedur injeksi dapat dialihkan dengan tekhnik distraksi. Tekhnik distraksi audio visual merupakan kombinasi antara distraksi audio dan visual yang digunakan agar dapat mengalihkan perhatian pasien terhadap sesuatu yang membuat cemas, tidak nyaman, dan takut dengan cara menampilkan tayangan favorit berupa gambar bergerak, atu bersuara.
Tujuan: Untuk mengetahui implementasi distraksi audiovisual (menonton film kartun) dengan tingkat kecemasan anak saat prosedur injeksi di RS TK II Pelamonia Makasssar.
Metode: Pendekatan deskriptif studi kasus. Sampel melibatkan dua orang pasien yang akan dilakukan tindakan injeksi dengan kriteria: usia 3-6 tahun, pasien anak yang akan dilakukan tindakan injeksi, anak yang mengalami cemas.
Hasil: Setelah dilakukan tindakan pada hari ketiga, kedua pasien tidak merasakan cemas, baik sebelum maupun setelah dipertontonkan film kartun upin & ipin.
Kesimpulan: Implementasi distraksi audiovisual menonton film upin & ipin dapat menurunkan kecemasan yang dialami pasien saat prosedur injeksi.
References
Amazihono, V. (2021). Studi Kasus Asuhan Keperawatan Psikososial Dengan Masalah Kecemasan Pada Penderita Hipertensi. https://osf.io/preprints/smq7f/%0Ahttps://osf.io/smq7f/download
Aryatama, A. S. A., Immawati, I., & Dewi, N. R. (2021). Penerapan Distraksi Menonton Kartun Animasi dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Saat Injeksi pada Anak Toddler. Jurnal Cendekia Muda, 2(1), 103–109.
Ekasaputri, S., & Arniyanti, A. (2022). Efektivitas Terapi Audio Visual (Film Kartun) Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 57–63. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.699
Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah. Journal of Health Sciences, 12(02), 15–29. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.996
Ii, B. A. B., & Distraksi, D. T. (2017). Teknik Distraksi.
Lathifah, A. (2018). Poltekkes Kemenkes Yogyakarta | 9. Jurnal Kesehatan, 1–8. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1134/4/4. Chapter 2.pdf
Normah, Rifai, B., Vambudi, S., & Maulana, R. (2022). Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Novitasari, p., & Ernawati, D. (2021). Pengaruh Terapi Audiovisual (Film Kartun) Terhadap Tingkat Stres Pada Anak Usia Sekolah Yang Menjalani Physical Distancing Di Rw 01 Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.7(1)
Wahyuni, D. (2020). Dsitas Jember. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Terkait Prosedur Invasif Pada Pasien Anak Di RSUD Dr.Haryoto Lumajang, 68–74.
Zaleha, A. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Mendapatkan Tindakan Invasif di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. H. Ibnu Sutowo Baturaja Tahun 2021. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sulfiani, Rusli Abdullah, Ricky Zainuddin, Nurbaiti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.